Salahsatu tempat wisata di daerah Bandung Selatan yang terkenal adalah Kawah Putih. Lokasi ini berdekatan pula dengan tempat wisata lainnya seperti Ranca Upas dan Situ Patenggang.  Setelah sekian tahun tidak berkunjung ke tempat ini, saya kembali bertandang ke Kawah Putih. Kesan pertama kali ketika sampai ke tempat ini adalah bersih, resik, dan mata sangat tertata rapi.  Tempat wisata yang saya rekomendasikan untuk para pelancong untuk menikmati pemandangan alam yang amat sangat indah dibalik cerita mistis  yang kental di Kawah  Putih.

Lokasi Kawah Putih terletak di daerah Ciwidey,  bagi  yang tinggal di daerah Bandung masuk melalui Jalan Kopo  menuju Soreang (arah kantor Kabupaten Soreang). Sign lalu lintas untuk menuju lokasi ini pun memudahkan wisatawan untuk menuju tempat wisata sehingga anda tidak bakalan nyasar. Untuk yang dari Jakarta, dari tol Cipularang keluar dari pintu tol Kopo. Mudah kan…

Sepanjang perjalanan ke arah Kawah Putih ada akan disuguhi pemandangan sawah, bukit yang mempesona….pemandangan yang sulit ditemui di kota besar. Untuk keperluan akomodasi sepanjang jalan terdapat beberapa toko retail atau anda bisa mamapir ke resturant seperti Sindang Reret.

Jarak dari pintu masuk sampai dengan kawah sekitar 5 Km atau 15 menit menggunakan kendaraan roda empat. Anda dapat menggunakan kendararaan umum disebut untang anting yang disediakan oleh pengelola tempat wisat dengan tarif Rp. 10.000 PP / Orang, atau membawa kendaraan sendiri sampai ke bibir kawah. Untuk mobil yang ingin langsung masuk sampai ke kawah tersebut dikenakan biaya Rp. 150.000 / kendaraan belum termasuk tiket masuk sebesar Rp. 25.000 / orangnya.

Jalan menuju kawah cukup sempit dan menanjak terjal, anda harus berhati-hati apabila berpapasan dengan kendaraan lain karena jalan hanya cukup untuk satu mobil saja sehingga harus menepi ke bibir jalan, juga kendaraan untang-anting yang ada kadang menjalankan kendaraan dengan kecepatan cukup tinggi sehingga berbahaya. Saran kami anda cukup memarkir kendaraan di area parkir yang ada di pintu masuk dan menggunakan fasilitas kendaraan umum untang-anting yang ada.

Pertama kali tiba di lokasi Kawah Putih adalah “Woooowwww….” semua tertata apik, bersih (ini yang amat sangat jarang saya temui di tempat wisata di Indonesia), benar-benar nyaman.  Bagi anda yang ingin mandapatkan informasi mengenai Kawah Putih bisa menuju di Information Center. Suhu di lokasi kawah cukup dingin mencapai 16-20 C. adi sebaiknya memakai baju tebal, jaket, syal very recommended dude.

Menurut sejarah, pada zaman pemerintahan kolonial tempat ini dijadikan tempat produksi belerang dan diekspor ke luar negeri.  Sedangkan menurut penduduk setempat tempat ini merupakan tempat pemakaman “karuhun” (leluhur) dan bagi yang “kawenehan” (melihat tanpa sengaja)  akan melihat penampatan  pria tua  memakai baju putih yang sedang menggembalakan domba-domba putih di area Kawah Putih.

Keunikan kawah putih yang terkenal ialah kawahnya bisa berganti-ganti warna sesuai dengan kadar belerang yang ada di dalam air kawah, dari putih, kehijauan sampai dengan coklat. Warna kawah juga kadang mempengaruhi warna tebing batu yang ada di depannya karena pengaruh refraksi cahaya, warna-warna ini sangat indah untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Sebaiknya bila berkunjung ke Kawah Putih sewaktu pagi, karena menuju lokasi ini sering macet di daerah Kopo. Jadi perjalanan akan cukup memakan waktu yang cukup lama.

Bila berkunjung agak sore,  Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sunset yang indah. hemmm…awesome.

Selain itu, bila  suka dengan adventure bisa jalan ke hutan Cantigi.  Melalui hutan ini, anda bisa melihat pemandangan Kawah Putih dari atas. Pemandangannya benar-benar indah, amat sangat indah dude….