no preview

Bandungsche  Melk Centrale  (BMC) di Jalan Aceh 30

Telepon  (022)  4204595

Bandoengsche Melk Centrale (BMC), salah satu bagian dari kota Bandung tempo dulu yang mampu bertahan dan berkembang hingga kini. Sesuai dengan namanya, perusahaan ini bermula sebagai pusat susu Bandung. BMC berdiri di akhir tahun 1928.

Bokfgf3

Sebagai badan koperasi, BMC beranggotakan para peternak sapi perah dan pengusaha susu di Bandung dan sekitarnya. BMC adalah koperasi susu pertama yang menerapkan manajemen modern dan peralatan pabrik pengolahan susu berteknologi tinggi di zamannya. Sejak berdiri, BMC adalah satu-satunya koperasi pusat pengolahan susu dan termodern di Hindia Belanda, karena sudah melakukan pengolahan susu dengan sistem pasteurisasi.Pada tahun 1938 terdapat 22 usaha pemerahan susu dengan produksi 13.000 liter susu per hari. Semua hasil produksi susu tersebut ditampung oleh Bandoengsche Melk Centrale untuk diolah (dipasteurisasi dan dikemas) sebelum disalurkan kepada para pelanggan di dalam maupun luar kota Bandung.

no preview

Tidak salah bila Direktur BMC saat itu berkata:

“Vergeet U niet, dat er in geheel Nederlandsch Oost-Indie slechst een Melk centrale is, en dat is de Bandoengsche Melkcentrale !”

(“Anda jangan lupa, bahwa di seluruh Hindia Belanda ini hanya ada satu Pusat Pengolahan Susu, dan itu adalah Bandoengsche Melk Centrale!”

Agar agar

Sejak 8o tahun yang lalau sampai sekarang bangunan dan menu tetap dijaga orisinalitasnya, meskipun ada tambahan menu namun resep aslinya tetap dijaga kualitasnya.

Aneka makanan dan  minuman dari bahan dasar susu tersedia disini seperti : milkshake, yoghurt, kefir, dan zupa soup ala BMC. Kisaran harga di BMC masih termasuk affordable. Jadi yang mau mencoba salah satu  legacy kuliner dari Bandung,  BMC menjadi tempat kuliner yang patut dicoba.