Cibeunying Park

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi :

Jalan Cibeunying Utara dan Selatan

Lurrrrr….salah satu taman zaman Walanda yang masih tersisa di Bandung adalah Taman Cibeunying atawa nama keren na mah Cibeunying Park. Zaman Kompeni disebut dengan Tjibeunjing Plantsoen.

Meski bernama taman, fungsinya bukan benar-benar taman, tapi hutan kota yang penanamannya tidak teratur sebagai bagian dari jalur hijau yang memanjang dari Taman Cilaki ke Taman Bengawan.

Cibeunying Park 2
Sekitar tahun 1920-an sepanjang Taman Cilaki sampai Taman Bengawan memang diperuntukkan sebagai “jalur hijau”, penyangga berkembangnya pemukiman baru di sepanjang Jalan Riau.

2013-03-09 16.11.20
Awalnya, taman-taman tersebut bersambung dalam satu jalur. Namun ketika ada gedung dan perumahan taman menjadi terpotong-potong. Taman-taman yang semula berfungsi sebagai hutan kota berubah menjadi lahan bisnis. Diantaranya digunakan untuk bursa tanaman hias, pasar loak dan SPBU.

Cibeunying Park 3

Taman Cibeunying diubah menjadi bursa tanaman hias sekitar tahun 1980-an oleh Walikota Bandung kala itu Ateng Wahyudi. Rimbunnya pepohonan Tjibeunjing Plantsoen berganti menjadi kios-kios tanaman yang menyuguhkan tanaman dalam ragam jenis dan warna.

2013-03-09 16.04.42
Dalam sebuah prasasti yang terletak di bagian depan taman tertulis peresmian taman ini dilakukan September 1986 dengan nama Taman PKK Cibeunying.

Mangga urang jalan jalan sareng nongkrong ka Taman Cibeunying🙂