De Vries

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi :

Jalan Asia Afrika No.81

Bangunan ini menjadi pusat perhatiaan saya setelah saya berkunjung ke Gedung Merdeka. Letak Warenhuis De Vries tepat di seberang Gedung Merdeka.

Bangunan lama yang masih mempesona….arsitek jadul yang masih tertata baik.

2012-10-06 09.52.48

Awalnya bangunan ini adalah sebuah rumah bergaya Indis yang dibangun pada tahun  1879,  dan dipugar kembali pada tahun   1920 oleh arsitek  Edward Cuypers Hulswit dan menjadi  “Warenhuis de Vries” atau Toko de Vries

2012-10-06 09.52.41

Toko yang pada awalnya dinamakan Warenhuis de Vries itu merupakan salah satu toko serba ada paling tua yang memberi warna kehidupan ekonomi kota Bandung. Bangunannya merangkap rumah tinggal dengan gaya arsitektur Indische Empirestijl dibangun pada pertengahan abad ke-19 . Atap bangunannya yang terdiri dari tiga unit, memanjang dengan bagian paling depan ditopang enam buah kolom tiang bergaris tengah sekitar setengah meter. Warenhuis de Vries berkembang pesat karena sebagian besar pelanggannya terdiri dari Preangerplenters yang mengunjungi kota Bandung pada akhir pekan.

2012-10-06 09.53.05

Sejalan dengan perkembangan kota, bangunan toko tersebut mengalami perubahan pada awal abad ke-20 hingga mencapai pada bentuk bangunan selama ini. Pada tahun 1909 bangunan lama dipugar untuk pertama kali, menyusul pada tahun 1920 berdasarkan hasil rancangan arsitek Edward Cuypers Hulswit. Bentuk yang terakhir ini dilengkapi dengan lantai bawah tanah yang cukup luas. Entah untuk apa.

2012-10-06 09.53.11

Kegiatan usaha yang berada di toko tersebut lebih beragam setelah pendirinya meninggal. Sebagian bangunannya pernah dijadikan toko pakaian “Modelhuis Lafayette” dan Toko Daging, serta agen penjualan mobil merek Chevrolet dan Cadillac. Bahkan jika melihat tulisan pada kaca kusennya, sebagai toko serba ada, Warrenhuis de Vries pernah menyediakan dranken provisien (minuman beralkohol), meubelen (mebeler), porcelen glas (pecah belah), sigaren (cerutu), landbouwbenoodigdheren, import, commionairs venduhouders, export, kuns boek papierhandel dan sebagainya. Ruang lainnya pernah dijadikan Studio Foto Goodland.

Setelah lama terbengkalai, pada tahun 2005 bangunan tersebut dibeli Bank NISP-OSBC dan direstorasi sehingga sesuai dengan bentuk aslinya.

Mangga lurr urang jalan jalan …. 🙂